Monday, May 8, 2017

Kuliner khas Jepara yang Bikin Ketagihan, Penasaran?

Kuliner

Kuliner adalah sebuah hasil pegolahan masakan yang biasanya berupa panganan dan minuman. Pada umumnya setiap daerah mempunyai hasil olahan masakan atau kuliner sendiri yang menjadi identitas suatu daerah tersebut, supaya masyarakat luar dapat mengenali daerah tersebut. Banyak sekali di media sosial hasil olahan masakan tersebut diunggah di dunia maya dengan kegunaan biar masyarakat luar penasaran dengan rasa kuliner yang dijajakan setiap daerah tersebut dan masyarakat luar dapat singgah di daerah tersebut.
Kuliner khas Jepara yang Bikin Ketagihan, Penasaran?
Hasil olahan masakan setiap daerah pasti mempunyai perbedaan rasa dan bentuk tapi kalau soal rasa pastinya uenak semua, karena di Indonesia memiliki banyak daerah banyak kuliner khas, dan banyak bahan makanan asli Indonesia yang bikin ngiler dan terkenal enaknya.

Kuliner Khas Jepara

Nah berbicara tentang kuliner khas suatu daerah di Indonesia, kita akan mengenal kuliner khas Jepara, dimana Jepara terletak di Provinsi Jawa Tengah. Iya benar, setiap daerah pasti memiliki kuliner khas masing-masing, salah satunya Jepara, Jepara juga punya beberapa makanan dan minuman khas dari Jepara loh, Rasanya ehm.. lezat, penasaran mau coba.. tapi sebelum nyoba yuk kita lihat apa saja makanan dan minuman khas dari Jepara ini.

  • Horog-Horog. Horog-Horog adalah hasih olahan masakan yang dibuat dari pati/tepung pohon aren.
    Horog-horok ini salah satu makanan khas Jepara karena jarang ada horog-horog didaerah lain. Makanan ini biasanya dijadikan masyarakat sebagai sumber karbohidrat atau sebagai pengganti nasi. Terasa Enaknya lagi kalau horog-horog ini dimakan dengan sate cecek (kikil), bakso, soto dan sayur pecel. Ehm.. tentunya lezat sekali, terasa sedap.. mau coba? datang saja ke kota Jepara terus langsung ke pasar tradisional yang berada di Jepara pasti banyak sekali horog-horg yang di jajakan, kecuali itu harganya juga terjangkau loh.
  • Moto Belong.Makanan ini terbuat dari bahan utama singkong dan pisang. Caranya singkong di parut setelah itu diperas,
    setelah diperas digulung beserta pisang lalu di kukus. 
  • Rondho Royal. Rondho royal adalah makanan ringan khas Jepara, makanan ini terbuat dari tepung beras yang berisi tape lalu digoreng, sehingga memiliki cita rasa yang gurih, asem, manis pokoknya unik deh.
    Dan makanan ini banyak dijumpai dipasar tradisional yang berada di Jepara loh, dan rondo royal punya harga yang sangat terjangkau.
  • Blenyik. Adalah lauk yang terbuat dari ikan teri yang dibuat seperti kepelan yang berbentuk bulat. Biasanya memiliki rasa yang asin dan blenyik dapat diolah dengan beberapa cara loh seperti di tumis dan dikukus.
    Makanan ini sangat mantap disantab bersamaan dengan nasi saat cuaca turun hujan. Ehm.. yummy....
  • Pindang Serani. pindang serani ini adalah salah satu hasil olahan khas Jepara, pindang serani banyak diminati oleh pencinta kuliner karena rasanya yang unik serta mantab sekali.
    Pindang serani ini dapat dibuat dari berbagai ikan. Yang mendekan adalah bumbunya.
  • Adon-adon Coro. Adon-adon coro adalah minuman tradisional khas Jepara.
    Adon-adon coro ini dari campuran jamu beserta rempah-rempah seperti pandan,merica bubuk, kayu manis, cengkeh, lengkuas dan dicampur dengan santan, jahe serta gula merah.
Nah Cukup penasaran kan dengan hasi olahan masakan dari jepara? kalau penasaran jika mampir Jepara langsung saja cicipi masakan yang membuat anda penasaran. Di jamin ketagihan deh..

0 comments:

Post a Comment

Older Post ►